Jepang negara manyoritas islam yang sangat islam




Info Islam | jepang di kenal sebagai negara maju dan banyak di idolakan oleh banyak orang, maka jangan heran jika sering menjumpai orang-orang yang mempelajari bahasa dan kebudayaannya atau bahkan banyak yang memutuskan untuk bekerja di negara sakura ini, seperti yang kita tahu negra jepang memeng tidak mengenal konsep agama  karena sebagian besar masyarakatnya tidak beragama meski di sebutkan agama tradisional jepan adalah Sinto, agama tersebut sudah tidak di anggap lagi dan pada saatini agama tradisional sinto tidak lebih hannya warisan luhur sebagai bagian dari sejarah jepang. nah tahukan anda ! nilai-nilai keislaman bisa terlihat dalam kehidupan masayarakat di negara yang tidak mengenal tuhannya.
Konsep islam di terapkan dalam kehidupan masyarakat jepang.

Banyak nilai-nilai islam yang sering di terapkan oleh masyarakat jepang, di antaranya adalah :

1. kebersihan.

seperti halnya di tokyo setiap sudut kota terlihat sangat bersih namun bukan setatusnya sebagai ibu kota negara ataupun pusat bisnis jepang, bahkan kota ini terlihat lebih bersih bahwa ternyata di kota-kota kecil di jepang pun sangat menjaga kebersihan lingkungannya dan tidak ada sampah yang berceceran. hal ini tentunya kita mengingatkan konsep kebersihan pada islam, allah swt berfirman yang artinya :

"sesungguhnya allah menyukai (mencintai) orang-orang yang bertaubat dan menyukai (mencintai) orang-orang yang mensucikan (membersihkan) diri."

Qs. Al-Baqarah ayat : 222

agama islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bersuci dan membersihkan diri baik dari batiniah maupun lahiriyah, tetapi ternyata di jepang secara tidak langsung telah menerapkan kebersihan lahiriyah tersebut.

2. kedisiplinan

masyarakat jepan sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari , setiap atauran yang di kelurkan baik dari pemerintah maupun dari perusahaan selalu di taati dengan sungguh-sungguh oleh masyarakat jepang, tidak ada yang berani melanggar aturan tersebut meskipun tidak ada pengawasan dari pihak yang berwajib baik dari perusahaan maupun dari pemerintah.

kedisplinan ini sepertinya sudah membudaya di dalam masyarakat jepang sehingga melahirkan ketertiban dalam kehidupan masyarakat jepang, seperti peraturan yang di buat leh negara tentang aturan lalu lintas, msyarakat jepang tidak ada yang berani menerobos lampu merah meski di aral lain tidak ada kendaraan yang melintas, maka hal ini jelas sejalan dengan ajaran islam, banyak di ayat al-qur'an dan al-hadist yang memerintahkan untuk disiplin. seperti firman allah yang artinya :

"wahai orang-orang yang beriman , taatilah allah dan rosulnya, dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainnan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan ia kepada allah (al-qur'an), dan rosul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih bak akibatnya"

Qs. An-Nisa ayat : 59

itulah beberpa nilai-nilai dari masyarakat jepang yang berkonsep islam, semoga penjelasan kali ini dapat di jadikan motivasi bagi kita sebagai umat muslim, untuk menerapkan konsep islam dalam kehidupan sehari-hari. terima kasih.




0 Response to "Jepang negara manyoritas islam yang sangat islam"

Post a Comment