Masjid-masjid yang selamat dari bencana allah swt




Info Islam | Masjid-masjid yang selamat dari bencana allah swt memberikan segala coba'an dan ujian bagi hambanya dan salah satu ujian yang di berikan allah swt kepada hambanya adalah berupa bencana alam. bencana alam di anggap sebagai ketentuan ilahi dan tidak satu orangpun yang tau kapan terjadi. seperti bencana gempa bumi, tsunami, tanah longsor, letusan gunung merapi, banjir dan lain sebagainya , yang merupakan bencana alam yang sering terjadi dan dapat meratakan seluruh bangunan yang berada di dekatnya. seperti firman allah yang artinya :

"dan jika kami hendak membinasakan suatu negeri, maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya ,emta'ati allah), tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadap perkataan (ketentuan kami), kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya"

Qs. Al-Isra' ayat : 16

maka takala bencana alam terjadi yang dapat di lakukan oleh manusia hannyalah berlindung , mencari tempat untuk menyelamatkan diri dan berdoa memohon kepada allah agar di berikan keselamatan, karena allah akan memusnahkan apa yang di kehendaki dan juga sebaliknya akan melindungi apa yang dia kehendaki.

dari semua bencana alam yang dapat menghancurkan bangunan maupun segala yang ada di dekatnya , allah swt dengan kuasanya dapat menyelamatkan manusia bahkan benda mati seperti bangunan sekalipun, terdapat bangunan yang masih kokoh berdiri meskipun terkena bencana yaitu bangunan masjid, berikut beberapa masjid yang selamat dari bencana lama.

1. Masjid Al-Barokah - Situ Gintung

pada tanggal 27 maret 2009 sekitar pukul 04.00 terjadi sebuah bencana tsunami kecil yaitu di sebkan oleh tanggul situ gintung yang jebol dan merendam ratusan rumah yang terletak di bawahnya . tanggul yang jebol tersebut merendam rumah-rumah ketika warga masih terlelap tidur, hingga membuat warga tak sempat menyelamtkan diri. akibatkan bencana tersebut 32 orang tewas. ratusan rumah dan mobil milik masyarakat sekitar juga terendam banjir yang bercampur dengan lumpur, tetapi ada sebuah bangunan masjid yang masih kokoh tegak berdiri, masjid tersebut bernama masjid Al-Barokah yang masih kokoh berdiri meskipun bangunan di sekitarnya sudah habis di hancurkan oleh derasnya air.

2.Masjid Baiturrahman - Aceh

pada tahun 2004 silam gempa bumi dan tsunami yang menyapu daratan aceh merupakan salah satu bencana alam terbesar, kurang lebih 200 jiwa menjadi korban dalam tragedi tersebut, tidak hannya korban jiwa tetapi banyak juga bangunan yang hancur di hantam oleh derasnya tsunami tersebut, namun itu tidak terjadi dengan masjid baiturrahman yang masih tetap berdiri kokoh, masjid yang terletak di tengah kota banda aceh ini merupakan satu bukti kebesaran allah yang tetap kokoh dan berdiri tegak meskipun di hantam oleh derasnya tsunami.

3. Masjid Jabalurrahman - Mentawai

masjid ini sama sekali tidak tersentuh tsunami yang menimpa kepulauan mentawqai beberapa waktu lalu, padahal masjid tersebt lokasinya tidak jauh dari pantai, sedangkan rumah-rumah warga yang berada di sekitar masjid telah rata dengan tanah sehingga masjid inilah yang menjadi tempat perlindungan masyrakat saat tsunami besar yang melanda kawasan tersebut . seperti mukjizat yang di tunjukan oleh allah swt di luar masjid gelombang tsnami yang tinggi tidak masuk kedam masjid, air lautpun hannya sampai di teras masjid saja dan ada 50 orang penduduk yang menjadi saksi nyata mukjizat itu terjadi. Subhanallah.


itulah beberapa masjid yang selamat dari bencana alam, musibah bencana alam yang terjadi memang di rasa banyak mendatangkan kerugian, namun terlepas dari itu semua sungguh luar biasa allah menmpakkan mukjizat dan kekuasaannya. bahwa apa yang allah takdirkan akan musnah akan musnah kala itu juga, dan apa yang allah takdirkan selamat maka allah akan menyelamatkan pula, sungguh maha benar allah dengan segala firmannya. Terima kasih.




0 Response to "Masjid-masjid yang selamat dari bencana allah swt"

Post a Comment